Rabu, 05 November 2008

STTA Yang Seharusnya

STTA www.stta.ac.id adalah tempat kerjaku. Merupakan kampus kecil yg indah. Bangunannya tertata rapi. Ada 5 jurusan yaitu Teknik Penerbangan, Mesin, Industri, Elektro, dan Informatika. Jurusan terbesar adalah Teknik Penerbangan, diikuti oleh Informatika dan mesin. Sedangkan Elektro dan Industri adalah jurusan kecil karena peminatnya sedikit.

Jurusan teknik Penerbangan banyak diminati karena image Adisujtipto yg dipake sebagai nama institusi adalah nama seorang pahlawan di bidang Angkatan Udara.

Sedangkan jurusan yg lain kurang diminati karena sudah banyak jurusan semacam itu di tempat lain di Yogyakarta maupun di kota-kota yg lain.

Bahkan banyak yg heran, dikira kalau STTA itu hanya menyediakan Teknik Penerbangan saja.. ohh ternyata ada jurusan lain ya???

Tapi sebaiknya STTA memang hanya menyediakan Teknik Penerbangan saja dengan membuka beberapa sempalan (namanya yg tepat apa ya.. konsentrasi ya?) antara lain Propulsi, Struktur, Aerodinamika, Perancangan Pesawat terbang, Mekanika terbang, Avionik, Menejemen Industri Dirgantara, transportasi Udara, Sistem Informatika Dirgantara.

Pengelola Teknik Mesin saat ini dapat tetap masuk ke dalam konsentrasi Propulsi Pesawat terbang. Pengelola Teknik Elektro saat ini tetap dapat memegang konsentrasi Avionik. Industri diarahkan ke menejemen industri Dirgantara, Informatika diarahkan ke system Informatika dirgantara.

Dengan begitu maka misi dan visi STTA yg akan mencetak alumni yg unggul di bidang dirgantara benar2 dapat diwujudkan bukan hanya sekedar slogan saja.

Setiap konsentrasi harus diberikan dasar2 pesawat terbang bukan hanya kulit2nya saja. Materi Mekanika Terbang dan Aerodinamika harus benar2 dikuasai oleh para alumni STTA di semua konsentrasi untuk benar2 mewujudkan visi dan misi STTA.

Lalu produk unggulan STTA sudah harus ditetapkan dari sekarang, yaitu menurut pemikiran saya adalah ke arah kendaraan (darat, laut, udara) tanpa awak dan perancangan simulator (darat, laut, dan udara).

Kedua produk tersebut adalah ilmu2 yg sangat dibutuhkan dimasa yg akan datang dan belum disentuh oleh kampus lain sehingga menjadi tantangan sekaligus peluang bagi STTA.

Jika hal ini dapat dikelola dengan baik maka saya yakin alumni STTA akan memiliki kemampuan bersaing yg baik.

2 komentar:

Elvindinata mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Elvindinata mengatakan...

iya pak saya setuju sekali ...:)