Selasa, 04 November 2008

Materi Kendali Terbang

Para Mahasiswa Sekalian

Materi ajar Teknik Kendali Terbang dapat anda donlot di link ini

http://groups.yahoo.com/group/stt-adisutjipto/files/ardi%20cahyono/hand%20out/kendali%20terbang/

Materi tersebut saya simpan di milis STTA sehingga kalau anda ingin mendapatkan file tersebut otomatis anda harus masuk ke milis STTA terlebih dahulu.

Bagi yg sudah terdaftar di milis STTA maka tidak masalah, tapi yg belum terdaftar anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan cara masuk ke web milis STTA ini

http://groups.yahoo.com/group/stt-adisutjipto/

Kemudian klik “join this group” di kanan atas kemudian isi data2 yg diperlukan lalu diakhiri kalo gak salah dengan send atau apply (saya agak lupa) tapi yg jelas gampang banget untuk mendaftarnya.

Jika sudah masuk milis STTA anda bisa mengambil file materi ajar Kendali Terbang tersebut dengan menklik link yg di atas tadi.

Maksud dan tujuan perkuliahan juga dijelaskan di materi ajar tersebut dan nantinya akan lebih diperjelas pada saat kuliah.

Untuk lebih memancing gairah anda untuk mendalami ilmu kendali ini saya berikan beberapa link video yg mendukung kuliah tersebut.

Link ini Toyota driving simulator menampilkan video tentang driving simulator. Walau bukan pada dunia Penerbangan tapi sedikit menyinggung masalah aplikasi pemodelan system ke dalam pemodelan matematika yg kemudian disimulasikan ke dalam sebuah wahana simulator. Di dunia Penerbangan juga ada simulator pesawat terbang yg cara kerjanya mirip dgn driving simulator tersebut.

Teknik kendali terbang sangat penting untuk menjalankan wahana tanpa awak (manusia) atau bisaa disebut UAV (Unmanned aerial vehicle). Link ini Incredible Unmanned Vehicles- UAVs and More menampilkan video bermacam-macam UAV baik wahana darat, air, maupun udara.

Link UAV dapat dilihat juga di link2 berikut ini

Skunk Works multi-purpose UAV

New German UAV -- microdrone

Gambar2 tersebut sangat menarik. Kalau sulit dilihat karena internetnya lelet yah anda harus nyari warnet yg koneksinya cepat. Rugi lho kalau tidak melihatnya.

Anda juga bisa mendonlot gambar2 tersebut dengan menggunakan youtubedownloader. Tapi sebelumnya anda harus memiliki youtubedownloader caranya cari aja di google dgn kata kunci ini “free youtubedownloader” maka akan muncul beberapa situs penyedia youtubedownloader gratisan yg bisa anda donlot. Silakan mencobanya.

Info tentang UAV ada di sini http://en.wikipedia.org/wiki/Unmanned_aerial_vehicle

Info tentang MQ-1 Predator http://en.wikipedia.org/wiki/MQ-1_Predator

Peluru kendali juga bekerja menggunakan teori kendali. Info tentang rudal Hellfire ada di sini http://en.wikipedia.org/wiki/AGM-114_Hellfire

Salam,

Ardi Cahyono

Tidak ada komentar: