Kamis, 06 November 2008

Inertial Navigation System

IRS adalah singkatan dari Inertial Reference System, yang merupakan salah satu contoh atau nama lain dari Inertial Navigation System.

Kuncinya adalah pada perkataan inertial, artinya berbasis inersia yaitu keengganan berubah kondisi, misalnya semakin besar inersia (mass) sebuah benda semakin kecil percepatan yang berlaku padanya bila diberi sebuah gaya dengan besaran tertentu.

Untuk tujuan navigasi, inrsia yang dimaksud adalah keengganan sebuah giroskop (gyroscope) atau sebuah massa yg berputar sekitar sebuah sumbu, untuk mengubah arah subunya. Misalnya sepeda yang bergerak (rodanya berputar) tidak mudah jatuh karena sumbu putar roda enggan diubah. Jadi utk benda seperti pesawat terbang yang bergerak diruang 3 D dengan mencatat semua perubahan arah sumbu giroskop maka semua percepatan yang terjadi pada pesawat dapat dicatat, karena perubahan arah hanya bisa terjadi bila ada gaya yang beraksi padanya dan ini akan direkam oleh perubahan arah sumbu giroskop. Kemudian karena kecepatan adalah integral dari percepatan, dan jarak tempuh (serta arahnya bila semua komponen gaya diketahui) adalah integral dari kecepatan maka sejarah pergerakan pesawat diruang 3 D bisa dihitung dengan akurat. Karena pada awal penerbangan lokasi pesawat diketahui maka pada setiap saat lokasi pesawat juga bisa dihitung dan diketahui.

IRS yang rusak sangat sulit direparasi, walaupun dibengkel didarat karena ada giroskop yg berbutar diruang vakuum. Mencoba mereparasi IRS dalam pesawat jelas mustahil, karena pilot bukan mekanik dan tidak punya peralatan yg dibutuhkan serta sibuk ngurusin kendali pesawat.

Dibawah ini disampaikan artikel tentang IRS dari wikipedia

salam

Hadi Winarto

http://groups.yahoo.com/group/stt-adisutjipto/message/417

http://en.wikipedia.org/wiki/Inertial_navigation_system

Tidak ada komentar: