Minggu, 28 Juni 2009

Indahnya Kegagalan

Kalau kita baca sejarah penemuan lampu pijar oleh Thomas Alfa Edison, dia sukses menciptakan lampu pijar setelah percobaanya yang ke 9999 (Sembilan ribu Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan) sumber: http://www.andriewongso.com/awartikel-234-Campus_Corner-Belajar_Memahami_Kegagalan_Dari_Thomas_Alfa_Edison

Artinya percobaan gagalnya sebanyak 9998 atau Sembilan ribu Sembilan ratus Sembilan puluh delapan. Seandainya Thomas Alfa pundung atau mutung pada percobaannya yang ke 9998, saya kira dunia ini mungkin masih menggunakan lampu minyak :)

Thomas Alfa Edison ini mempunyai 1093 (seribu Sembilan puluh tiga) penemuan yang sudah dipatenkan. Kalau percobaan berhasil dibandingkan gagal perbandingan kasarnya 1:10.000 , maka Thomas Alfa Edison perkiraan saya sudah melakukan percobaan sebanyak 10.000.000 (sepuluh juta) kali percobaan. Ini sungguh menakjubkan!

Ternyata orang2 sukses itu gagalnya jauh lebih banyak. Mahasiswa2 saya kebanyakan sering mengeluh pada kegagalan yg pertama. Padahal kalau mereka pengen sukses harus banyak mengalami kegagalan. Saya kira tidak ada seorang ahli naik sepeda yang tidak pernah jatuh, pasti mereka sudah sering jatuh yang akhirnya menyebabkan mereka tahu cara-cara supaya tidak jatuh.

Juga kalau kita lihat para pengusaha yang sukses, mereka rata-rata pernah atau bahkan sering gagal. Pengusaha2 yg langsung besar dan petentang-petenteng biasanya dibangun dari bisnis KKN dan biasanya tidak tahan lama kemudian terpuruk juga.

Jadi kesimpulannya adalah, perlu semangat baja untuk sukses sehingga pantang menyerah.

Tidak ada komentar: