Senin, 20 Juli 2009

Jangan Meremehkan Orang Lain

Meremehkan orang lain adalah tindakan yang tidak terpuji.

Simak baik-baik kisah kuda dan kambing di bawah ini.

Kuda karena merasa besar, kuat, gagah, serta dapat berlari kencang, dia bersikap sombong kepada kambing. Setiap kambing menyapanya dia melengos tidak meresponnya. Apalagi akhir2 ini kuda sering diajak pergi majikannya maka kesombongannya semakin menjadi-jadi.

Suatu ketika terjadi kemarau hebat sehingga rumput di padang rumput habis. Rumput yang tersisa hanya di gunung-gunung yg penuh batu karang dan terjal. Kambing yang kecil dapat dengan mudah mencapai puncak dan makan rumput. Tapi kuda selalu tidak berhasil mendaki puncak gunung. Berkali-kali kuda mencobanya selalu gagal.

Melihat kejadian itu, kambing merasa iba dan mengatakan: “Kuda, kamu di bawah saja. Makan saja rumput yang saya jatuhkan ini yah”.

Semenjak kejadian itu kuda sadar bahwa tindakannya selama ini salah. (dikutip dari 36 Kebijaksanaan SGQX)

Kalau kita amati kejadian2 di sekitar kita, hal tersebut mudah sekali terlupakan. Misalnya ada suatu resepsi, maka perhatian dan penghormatan selalu diberikan kepada para pembesar atau para pejabat yang hadir di acara tersebut. Sedangkan para pelayan yang mengantarkan minuman atau para tukang cuci piring biasanya tidak pernah ada yang menggubrisnya.

Saya juga sedang belajar untuk selalu mengucapkan terima kasih pada Mas yg sering mengantarkan minuman di meja kerja saya, meskipun hanya sebatas ucapan saja.

Tidak ada komentar: