Ibu2 dan Bapak2 ysh,
Mohon petunjuk sekali lagi.
Untuk menentukan rute suatu pesawat penumpang sipil dari
Terima kasih banyak. Merdeka!!!
mac
Rute penerbangan ditentukan sama seperti hal lain dalam aviation:
1. Safety. Yang jelas tidak boleh ada terrain yang terlalu tinggi melampaui kemampuan terbang pesawat. Pesawat dengan 2 engine juga tidak boleh terbang lebih jauh dari 1 jam penerbangan dengan kondisi OEI (one engine inoperative) dari suitable alternate airport. Endurance pesawat juga menentukan panjang sektor yang bisa diterbangi atau technical stop untuk refuelling.
2. Ekonomis. Semakin lurus, mengikuti great circle, semakin hemat bahan bakar dan semakin cepat sampai. Untuk great circle silahkan lihat di wikipedia atau encarta di Navigation.
3. Traffic flow. Pada rute tertentu yang sangat padat seperti
Regards
Leo Yudianto Nugroho
ATP/B737, MD80/90
Bung mac,
Jawabannya tergantung pada apa sebenarnya yang ditanyakan. Misalnya saja anda seorang milyarder baru, bisa menyewa beberapa pesawat yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu tua. Lalu anda ingin tahu, sebaiknya jenis pesawat apa (berapa penumpang, jarak tempuh etc) yang perlu disewa dan digunakan untuk melayani rute2 mana saja. Katakan karena anda orang
Masalah seperti ini memang adalah masalah nyata. Misalnya saja Tiger Airways milik Singapura punya 6 pesawat yg dioperasikan di
Masalah ini jelas tidak mudah dan melibatkan ilmu ekonomi disamping ilmu teknik dan mungkin juga ilmu matematika (operation research), psychology dan entah apa lagi. Jadi jawaban dari pertanyaan anda hanya dapat diperoleh dengan kuliah di MIT atau universitas2 lain yang memberikan kuliah dibidang itu. Untuk sekedar mempelajarinya sendiri, silahkan baca diktat kuliah di MIT-OCW yg gratis. Dibawah ini disampaikan alamat situs web MIT-OCW untuk jurusan Aeronautics dan Astronautics. Mungkin bahan kuliah yang anda inginkan ada dimata kuliah Airline management atau Airline Schedule planning ataupun Logistical and Tranportation Planning Method, atau cari sendirilah didaftar yg ada dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan anda berhasil mendapatkan informasi yg dibutuhkan
salam
HW
Aeronautics and Astronautics
Updated within the past 180 days | MIT Course # | Course Title | Term |
| 16.00 | Spring 2003 | |
| 16.01 | Fall 2005 | |
| 16.02 | Fall 2005 | |
| 16.03 | Fall 2005 | |
| 16.04 | Fall 2005 | |
| 16.050 | Fall 2002 | |
| 16.06 | Fall 2003 | |
| 16.07 | Fall 2004 | |
| 16.100 | Fall 2005 | |
| 16.120 | Spring 2003 | |
| 16.13 | Fall 2003 | |
| 16.20 | Fall 2002 | |
| 16.21 | Spring 2005 | |
| 16.225 | Fall 2003 | |
| 16.230J | Spring 2007 | |
| 16.30 | Spring 2004 | |
| 16.31 | Fall 2007 | |
| 16.322 | Fall 2004 | |
| 16.323 | Spring 2006 | |
| 16.333 | Fall 2004 | |
| 16.337J | Fall 2003 | |
| 16.355J | Fall 2005 | |
| 16.358J | Spring 2005 | |
| 16.36 | Spring 2003 | |
| 16.37J | Fall 2002 | |
| 16.394J | Fall 2004 | |
| 16.399 | Spring 2004 | |
| 16.410 | Fall 2005 | |
| 16.412J | Spring 2005 | |
| 16.413 | Fall 2005 | |
| 16.422 | Spring 2004 | |
| 16.423J | Spring 2006 | |
| 16.512 | Fall 2005 | |
| 16.522 | Spring 2004 | |
| 16.540 | Spring 2006 | |
| 16.61 | Spring 2003 | |
| 16.621 | Spring 2003 | |
| 16.622 | Fall 2003 | |
| 16.652 | Fall 2005 | |
| 16.653 | Fall 2004 | |
| 16.682 | Spring 2006 | |
| 16.72 | Fall 2006 | |
| 16.75J | Spring 2006 | |
| 16.76J | Fall 2004 | |
| 16.76J | Fall 2006 | |
| 16.77J | Spring 2003 | |
| 16.810 | January (IAP) 2005 | |
| 16.810 | January (IAP) 2007 | |
| 16.812 | Spring 2004 | |
| 16.83X | Spring 2002 | |
| 16.851 | Fall 2003 | |
| 16.852J | Fall 2005 | |
| 16.862 | Spring 2007 | |
| 16.863J | Spring 2005 | |
| 16.881 | Summer 1998 | |
| 16.885J | Fall 2004 | |
| 16.885J | Fall 2005 | |
| 16.886 | Spring 2004 | |
| 16.888 | Spring 2004 | |
| 16.891J | Spring 2003 | |
| 16.892J | Fall 2004 | |
| 16.895J | Spring 2007 | |
| 16.89J | Spring 2007 | |
| 16.901 | Spring 2005 | |
| 16.910J | Fall 2003 | |
| 16.920J | Numerical Methods for Partial Differential Equations (SMA 5212) | Spring 2003 |
| 16.940J | Spring 2003 | |
| 16.985J | Fall 2005 |
Bung mac,
Dibawah ini disampaikan judul2 mata kuliah bidang Airline management dari MIT-OCW yg dapat anda download gratisan. Anda juga diperbolehkan menerjemahkannya dalam bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai bahan kuliah. MIT hanya minta supaya anda menulis dibagian depannya bahwa bahan kuliah itu adalah terjemahan dalam bahasa Indonesia dari mata kuliah yg diberikan gratis di MIT-OCW.
Semoga informasi ini membantu anda memperoleh jawaban dari pertanyaan 2 anda. MIT-OCW juga memberikan seluruh mata kuliahnya secara gratis online. kalau tak salah ada juga beberapa universitas terkenal lainnya yg melakukan hal yg sama , tetapi MIT adalah yg pertama dan menjadi motor penggeraknya.
salam
SES # | Topics | LECTURE NOTES |
1 | Course Introduction | Introduction to the Airline Planning Process (PDF) |
2 | Airline Economics Review | Airline Economics Review (PDF) |
3 | Operating Costs and Productivity | Operating Costs and Productivity (PDF) |
4 | Load and Spill Analysis | Load Factor Analysis (PDF)# (Courtesy of Boeing. Used with permission.) |
5 | Airline Schedule Development | Airline Schedule Development (PDF) |
6 | Passenger Choice Models | Introduction to PODS Passenger Choice Models (PDF) |
7 | Introduction to ePODS Airline Management Game | ePODS Airline Management Educational Game (PDF) |
8 | ePODS Work Session | |
9 | Fleet Assignment Optimization (Prof. Barnhart) | Airline Fleet Assignment (PDF) (Courtesy of Cynthia Barnhart. Used with permission.) |
10 | ePODS Work Session | |
11 | Route Planning and Network | Route Planning and Evaluation (PDF) |
12 | ePODS Work Session | |
13 | Scheduling and Operational Constraints | Demand Driven Dispatch (PDF)# |
14 | ePODS Work Session | |
15 | Mid-Term Exam (In Class) | |
16 | Airline Fleet Planning Issues | Airline Fleet Planning Models (PDF) |
17 | AMG Work Session | |
18 | Revenue Management Concept and Models | Introduction to Revenue Management: Flight Leg Revenue Optimization (PDF) |
19 | Overbooking Methods | Flight Overbooking: Models and Practice (PDF) |
20 | O-D/Network Seat Inventory Control | Network Revenue Management: Origin-Destination Control (PDF) |
21 | ePODS Work Session | |
22 | Open Session - Guest Lecture on Pricing/RM | |
23 | Airline Pricing Structures and Strategies | Pricing Challenges: ePODS and Reality (PDF) |
24 | Airline Revenue Management Systems | Origin-Destination Control: What Have We Learned? (PDF) |
25 | ePODS Work Session | |
26 | Summary: Airline Management Challenges | |
Dibawah ini disampaikan judul2 mata kuliah dari MIT-OCW bidang Airline Schedul Planning
salam
HW
Lecture Notes
Microsoft® Powerpoint® software is recommended for viewing the .ppt files in this section. Free Microsoft® Powerpoint® viewer software can also be used to view the .ppt files.
Many of the lecture notes in this section are in Powerpoint® format in order to retain elements of animation.
|
Dibawah ini disampaikan judul2 mata kuliah bidang Metoda2 Logistik dan perencanaan untuk transportasi.
salam
HW
Home > Courses > Civil and Environmental Engineering > Logistical and Transportation Planning Methods
- Email this page
Lecture Notes
A Jogger's Problem (PDF)
Functions of Random Variables 1 (PDF)
Functions of Random Variables 2 (PDF)
Functions of Random Variables 3 (PDF)
Queueing Systems 1 (PDF)
Queueing Systems 2 (PDF)
Queueing Systems 3 (PDF)
Queueing Systems 4 (PDF)
Queueing Systems 5 (PDF)
Queueing Systems 6 (PDF)
Congestion Pricing (PDF)
Spatial Queues 1 (PDF - 1.6 MB)
Spatial Queues 2 (PDF)
Networks 1 (PDF)
Networks 2 (PDF)
TSP Heuristics (PDF)
Hi Mas Ardi Apa Khabar , Gimana masih di Jogja
Sedikit menambah, sesuai moderator kurang spesifik, mudah2an kalau saya nggak salah arah nya tentu dari segi teknis.
Untuk rute, sudah di jawab oleh Mas Leo. cuma mau menambah urutan / metoda nya:
Di UAE kalau kita memberi approval route baru seperti misalnya Emirates,
pertama mereka harus submit dulu airport (destinations approval) termasuk audit yang mereka laksanakan dan di verifikasi oleh Civil Authority, misalnya mau ke Patagonia Airpot, biasanya kita pelajari audit airportmya, dari mulai landasan, safety equipment, fire category, approach (VOR.ILS/GPS dll), termasuk fasilitas komunikasi di flight operations dan dokumen & record mereka dst dst ,biasanya operator menambah chek diluar safety, seperti passenger handling, ruang tunggu, transport dari ke airport, akomodasi crew (semua di audit & sebagian besar di verifikasi oleh civil aviation authority)
Setelah kita beri approval, maka Operations Specification yang merupakan bagian dari AOC (Air Operating Certificate) holder kita revisi untuk memasukan list of new airport setelah disetujui airport tsb laik dan legal utk dipakai.
Selanjutnya mereka akan propose Proving flight, umumnya utnuk airport yang category A (ref JAROPS/ CAROPS) sudah bisa langsung terbang, sedang category crew nya harus yang paling qulified & test di Simulator dulu supaya skill & knowledge nya siap.
Sedang untuk flight planning, database dari performance pesawat di upload ke program flight planning yang ada terrain dan bluechart (data maritm) ini untuk ETOPS (nanti ada cerita lagi utnuk ETOPS), dari sini dapat dihitung yang diceritakan Mas Leo, kalau satu mesin mati apa masih bisa jaga ketinggian dengan terrain, kita sebut yang namanya escape route, lalu airport alternate juga dihitung.
Sekira nya cukup menambah data anda untuk ngajar eh kalau masih lo?
salam
Azzy
Boeing 777 disertifikasikan utk boleh terbang 3 jam (180 menit) dengan 1 mesin tak berfungsi. Informasi lebih lanjut dapat dibaca dibawah ini
salam
HW
ETOPS
Extended Range Twin Engine Operations
http://www.avsim.com/geoffschool/airlinecourse/etops.htm
It has now become part of everyday normal operations, for twin engine aircraft, to cross the
Most twin engine airliners are certified so that have to be able to fly normally within a hour of an airfield in the event of an emergency. That is not a problem normally in
The
How does this affect the Pilots ?
As stated in my previous article on flying the
Note
ETOPs ranges circles are based on a "declared" True Airspeed and are not adjusted for wind. However, actual "on the day" diversion times/fuels use actual winds - which may result in a diversion being longer than the operators approved time (120, 180, 207, minutes) but always within the maximum range circle distance.
The pilots then can work out which airport is closer to divert in an emergency. They then plot the mid track equal distance point in each sector ensuring it is within the ETOPS certified range.
See the diagram below please read it from bottom to top
Point A and B are Equal Distance Points
Each circle represents the permitted ETOPS range allowing for wind.
The pilots must ensure the aircraft is always within the
For Flight Simulator we do not have plotting charts, but we can work out the midway point by using the GPS doing the following :-
Warning do not push the enter button or you will lose your flight plan . Or get an aircraft with a FMC then you can program these equal distance points in.
Push the direct to key on the GPS type in the airport ID it should give a heading and distance to the airport . Note the miles and time then repeat the process with the second airfield and note the distance. Obviously which ever is closer is your diversion airfield. Repeat this on a regular basis.
You therefore need to know the 4 letter ID of the three airports for the flights. It is suggested you use these three airports as standard. It gives you something to do whilst flying the
One final note ETOPS often applies in
Before an aircraft goes on an ETOPS flight the aircraft has to be certified for the flight. The certificate lasts for one journey only it could allow an intermediate stop. Once the aircraft arrives at the final destination. Another inspection is made before the aircraft is re-certified for the return long distance leg. So an Aircraft could get its certificate issued at
The Boeing 777 is the first airliner to be built certified for 3 hour ETOPS on delivery date.
Dari sejarah perkembangan pesawat diawali dengan menggunakan mesin piston. Mesin piston ini ternyata rawan terhadap failure dikarenakan vibration. FAA sebagai aviation authority membatasi pesawat hanya 60 menit dari alternate airfield.
Setelah memasuki era mesin jet terbukti mesin turbine lebih sedikit vibrasi sehingga lebih reliable, sehingga FAA & ICAO membolehkan pesawat untuk terbang matanya lebih dari 60 menit dalam kondisi One Engine Inoperative.
Dalam ETOPS pesawat harus mendapatkan sertifikasi, engine- airframe pairing juga harus mempunyai failure rate yang rendah. Untuk ETOPS 180 failure harus kurang dari 1/100,000 jam operasi.
Selain itu airline harus mendapatkan sertifikasi juga dari aviation authority. Selain pilot & FOO, maintenance personel juga harus mendapatkan training untuk menghindari kesalahan yang sama terjadi pada dua engine.
Perlu juga diketahui bila suatu airline/pesawat mengalami engine failure rating ETOPSnya bisa diturunkan.
Lebih lengkapnya bisa baca di wikipedia :
http://en.wikipedia.org/wiki/ETOPS
Regards,
Leo Yudianto Nugroho
ATP 737/MD80-90
http://en.wikipedia.org/wiki/Air_navigation
http://groups.yahoo.com/group/AerospaceIndonesia/msearch?ST=Rute+Pesawat&SM=contains&pos=0&cnt=10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar